Kamis, 08 Desember 2016

Kunci Sukses Belajar Berenang Bagi Pemula

Berenang itu sebenarnya mudah, asalkan awalan Anda belajar dilakukan dengan tepat. Beberapa waktu lalu saya mengepos tulisan tentang Tips Mahir Berenang Secara Otodidak Bagi Pemula. Secara mengejutkan, komentar-komentar yang masuk beberapa di antaranya mengaku trauma akibat pernah tenggelam saat belajar berenang. Bagaimana pun hal ini cukup menarik perhatian saya.

Saya bukan pelatih profesional. Tapi setidaknya saya melatih anak-anak saya untuk bisa berenang, dan alhamdulillah mereka bisa tanpa perlu mengalami trauma. Jika sekadar meluncur dan berani menyebrangi kolam yang lebih dalam dari tinggi badannya, mereka bisa. Tinggal diarahkan ke teknik yang lebih lanjut. Sayangnya karena kesibukan sekolah, latihan berenang jadi jarang dilakukan.

Jadi kembali kepada niat semula saya menulis kali ini, sebenarnya apa sih yang paling krusial ketika kita pertama kali belajar berenang? Izinkan saya coba mengulasnya, ya! Tentunya a la pendapat pribadi saya semata.

Kunci Sukses Belajar Berenang Bagi Pemula

1. Berkenalan Dengan Air

Media olahraga renang adalah air. Jika ini adalah pertama kalinya Anda turun ke kolam, pastikan Anda tahu berapa kedalaman kolam yang hendak Anda masuki. Sebaiknya pilihlah kolam yang rendah dulu. Dan hindari berenang pertama kali bersama kawan-kawan yang suka usil. Untuk mencegah mereka melempar Anda dengan semena-mena ke dalam kolam sehingga mengakibatkan trauma. Belajar berenang itu mudah dan niscaya, tapi melenyapkan trauma, hmmm itu perkara rumit. Mohon dipertimbangkan dengan serius.

Kenalilah media air tempat berenang dengan memahamkan diri bahwa bernapas di dalam air akan membuat Anda tersedak, jadi jangan sekali-sekali melakukannya. Selama berenang, bernapas dilakukan ketika wajah Anda berada di atas permukaan air.

Tekuk lutut, tahan napas, dan celupkanlah seluruh tubuh Anda berulang kali ke dalam kolam. Hirup udara di atas permukaan, hembuskan ketika di dalam air. Rasakan sensasinya sehingga Anda terbiasa dengan air. Sesekali tertelan atau tersedak air kolam adalah hal yang wajar. Anggaplah itu salah satu seni dari belajar berenang.

Main lempar badan ke kolam ini sesungguhnya sangat berbahaya.
Tapi anak-anak, siapa yang bisa melarang?

2. Jangan Panik

Saya sempat beberapa kali diminta mengawasi beberapa kawan yang sedang belajar berenang. Satu hal yang saya perhatikan sering melanda perenang pemula adalah RASA PANIK yang berlebihan. Pernah saya meminta salah satu dari mereka mengambang dengan menjadikan tangan saya tumpuan. Bukan main beliau mencengkeram tangan saya. Akhirnya saya minta padanya untuk coba rileks. Semakin rileks, semakin badan Anda akan mengambang dengan sendirinya di permukaan air.

Satu hal yang juga kerap membuat panik perenang pemula adalah saat napas habis dan mereka hendak kembali ke posisi semula. Misalnya mereka sedang belajar mengambang, lalu ketika napas habis dan hendak kembali berdiri, alih-alih dengan tenang menarik kaki ke arah dada, mereka malah melakukan gerakan menggapai-gapai tangan dan kaki sehingga kolam yang rendah pun rasanya seperti hendak menenggelamkan. Jangan panik, itu sungguh adalah salah satu kunci sukses belajar berenang bagi pemula.

Meski jujur saja, saya sendiri masih terus melatih perasaan untuk jangan panik ini. Apalagi ketika saya sedang mempelajari gaya baru. Duh, teori memang selalu lebih mudah dari praktik hehehe.

3. Aktifkan kekuatan otot inti (core muscle)

Dalam banyak gerakan olahraga, mengaktifkan kekuatan otot inti akan sangat membantu meringankan tubuh. Saya membuktikannya dalam olahraga jalan, lari, dan yoga. It really helps and works. Demikian juga halnya dalam berenang.

Bagaimanakah cara mengaktifkan core muscle ini? Mudah, caranya adalah dengan menahan perut agar tertarik masuk. Selain membantu meringankan gerakan, dengan sering mengaktifkan core muscle Anda secara tidak langsung sudah menjaga perut agar tetap ramping!

4. Dengarkan Kata Dori

Ya, Anda tidak salah duga! Dori kawannya Nemo yang saya maksud yang selalu berkata : keep swimming, just keep swimming, keep swimming. Satu-satunya jalan jika Anda hendak mahir berenang ya hanya dengan terus berlatih dan berlatih dan berlatih. Practice makes perfect. Ala bisa karena biasa. Jangan menyerah, meski kali pertama Anda hanya baru bisa mengambang esok lusa siapa yang sangka Anda akan menguasai gaya kupu-kupu? Jadi, stay calm and keep swimming!

Demikianlah kiranya ulasan setipis kulit ari mengenai kunci sukses belajar berenang bagi pemula, menurut pengalaman saya. Semoga bermanfaat. 

Salam Blogahraga!


Tidak ada komentar: